4 Langkah Mencegah Aplikasi Berbahaya Terinstal Di Android

Ada banyak aplikasi android yang bertebaran saat ini, mulai dari aplikasi edit foto, aplikasi edit video ataupun aplikasi wallpaper keren. Semua aplikasi android dapat kamu download melalui Play Store, ada yang berbayar dan ada juga yang gratisan.

Saat ini di Play Store juga banyak ditemukan aplikasi berbahaya yang mengandung malware. Aplikasi seperti ini akan sangat berbahaya untuk smartphone kamu. Karena malware yang bersarang di dalam ponsel, dan bisa merusak sistem di dalam smartphone.

Cara Mencegah Aplikasi Berbahaya Terinstal Di Android

Cara Mencegah Aplikasi Berbahaya Terinstal Di Android

Teknorush sudah menyiapkan beberapa cara dan langkah, untuk mencegah aplikasi berbahaya atau malware terinstal di HP Android.

Untuk lebih jelasnya, mari simak cara mencegah aplikasi berbahaya yang mengandung malware, agar tidak terinstal di dalam smartphone.

1. Jangan Install Aplikasi dari Sumber Tidak Terpercaya

Menginstal aplikasi dalam format APK, memang lebih mudah dari pada melalui Play Store. Karena kamu tidak perlu mengupdate aplikasinya jika ada pembaruan. Namun banyak bahaya yang tersimpan dibalik itu semua, seperti virus ataupun file trojan yang disematkan ke dalam file APK yang kamu download.

Untuk mencegah aplikasi berbahaya terinstal di Android, maka jangan pernah menginstall aplikasi dalam format APK, yang didapatkan dari pihak ketiga. Sebaiknya kamu install aplikasi android melalui Play Store, karena sumbernya lebih terpercaya.

2. Gunakan Sideload App Sebutuhnya Saja

Memang tidak semua aplikasi bisa diinstall melalui Play Store, sebagai contohnya adalah game Fortnite. Bagi yang ingin  download Fortnite Mobile, diharuskan mendownload installernya melalui situs resmi Epic Games.

Sebelum menginstall aplikasi sideload, pastikan terlebih dahulu bahwa sumbernya jelas, dan file APK yang didownload, bersih dari virus serta file berbahaya lainnya.

3. Gunakan Fitur Google Play Protect

Google Play memilki fitur khusus, yang berguna untuk memverifikasi aplikasi berbahaya di android. Fitur tersebut adalah Google Play Protect, kamu dapat mengaktifkan fitur ini melalui Play Store.

Ketika fitur ini aktif, maka Play Protect akan memindai aplikasi yang mencurigakan, kemudian akan memberi peringatan jika ditemukan aplikasi yang berbahaya (Malware). Bahkan jika dibutuhkan, Play Protect akan menghapus aplikasi yang berpotensi malware tersebut.

4. Download Aplikasi Hanya Melalui Play Store

Google Play sebenarnya sudah lebih dari cukup, dalam menyediakan berbagai macam aplikasi dan juga game android. Semua aplikasi dan game android yang tersedia di Play Store, memang tidak semuanya terjamin. Tapi kamu bisa melihat sumbernya terlebih dahulu sebelum menginstall aplikasi dari Play Store.

Jadi, sebaiknya kamu menginstal aplikasi hanya dari Play Store, kamu tidak perlu download aplikasi dari store pihak ketiga, ataupun situs pihak ketiga yang tidak terjamin keamanannya.

Demikianlah cara mencegah aplikasi berbahaya di Android. Sebelum menginstal aplikasi, sebaiknya kamu perhatikan sumbenya dan developernya terlebih dahulu.

Jika tidak ingin malware terinstal pada HP android kamu, sebaiknya kamu mengikuti langkah-langkah yang telah Teknorush.com sampaikan di atas.

Post a Comment

Tulis Komentar, Pertanyaan ataupun Saran Melalui Kotak Di bawah ini

Lebih baru Lebih lama